Article & News
INFLUENZA

INFUENZA

 

Penyakit influenza disebabkan oleh virus influenza yang dapat menyebar secara cepat dan menyerang saluran pernapasan. Penularan terjadi melalui udara yaitu pada saat batuk, bersin dan berbicara. Virus ini dapat juga menular melalui tangan yang terkontaminasi oleh virus influenza. Di negara tropis seperti Indonesia, penyakit influenza terjadi sepanjang tahun. Setiap tahun penyakit influenza menyebabkan ribuan orang meninggal di seluruh dunia. Biaya pengobatan, biaya penanganan komplikasi dan kerugian akibat hilangnya hari kerja sangat tinggi.

 

Mirip dengan penyakit flu biasa

Gejala penyakit ini adalah demam tinggi tiba-tiba, batuk kering, pilek, sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi, badan lemah, dan sakit tenggorokan. Batuk dapat memburuk dan berlangsung 2 minggu atau lebih. Bedanya batuk pilek biasa tidak berbahaya seperti batuk pilek karena infeksi virus influenza.

 

Menyebabkan Kematian

Jangan sepelekan penyakit yang diakibatkan virus influenza. Jika tak dicegah secara dini, influenza berpotensi menyebabkan komplikasi serius. Komplikasi yang dapat terjadi adalah radang paru atau pneumonia. Hal ini dapat terjadi akibat virus influenza merusak sel-sel selaput lendir saluran pernapasan sehingga penderita influenza sangat rentan terserang kuman lain seperti pneumococcus sehingga dapat berakibat kematian. Selain pneumonia, virus influenza dapat pula menyebabkan peradangan pada otot, Sindrom Reye, gangguan saraf pusat, dan bagi yang mempunyai penyakit berat dan kronis dapat memperberat keadaan penyakitnya.

 

Vaksinasi untuk Melawan Virus Influenza

Pencegahan penyakit influenza dilakukan dengan memelihara gaya hidup sehat yakni dengan makanan sehat yang kaya serat dan vitamin dan berolah raga teratur serta istirahat cukup. Karena virus influenza dapat  menyebar melalui tangan yang terkontaminasi virus maka sebaiknya bila batuk atau bersin, penderita influenza menutup hidung dan mulutnya menggunakan tissue dan sering mencuci tangannya. Cara lain adalah dengan vaksinasi influenza. Vaksinasi influenza paling efektif untuk mencegah penyakit influenza dan dapat memberikan perlindungan selama satu tahun terhadap serangan penyakit influenza.

 

Siapa yang harus divaksinasi?

Kelompok risiko tinggi terutama pada anak- anak dan lanjut usia lebih dari usia 65 tahun, wanita hamil, pasien dengan penurunan sistem imun (HIV/AIDS, kanker) serta pasien penyakit kronis, seperti asma, penyakit jantung kronis, hipertensi, diabetes melitus, gagal ginjal kronis. Selain kelompok risiko tinggi di atas, kelompok yang sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi influenza adalah tenaga kesehatan, perokok, pelancong (traveller), orang yang tinggal di panti jompo atau tempat penampungan dan calon jemaah haji atau umrah. Vaksinasi influenza dilakukan sebanyak satu kali setiap tahun dan dapat dilakukan kapanpun sepanjang tahun.

 

INFUENZA 2

 

Untuk informasi dan pendaftaran pemeriksaan silahkan menghubungi

RS Satya Negara Bagian Admisi telp : 65836583 ext 121